Friday 12 June 2009

Hash House Harriers

≈ KoKi Post - Old Gum Tree ≈

Gara-gara membaca entry yang ada di Women Wandering beberapa waKtu yang lalu, aKoe teringat akan Kegiatan yang dulu pernah aKu laKuKan: lari dan minum (tentu saja buKan pada saat yang bersamaan ~KhiK~KhiiK~KhiiiK~. Kegiatan apaKah itu???

Hash House Harriers yang biasa disingKat HHH atau H3 adalah suatu Klub atau Komunitas dengan sebutan "A drinKing club with a running problem." Secara sederhana, Klub ini dapat digambarKan sebagai Kegiatan lari santai yang diaKhiri dengan “minum” yang biasanya berupa bir.

HHH lahir di Kuala Lumpur pada tahun 1938. Adapun nama Hash House Harriers diambil dari nama Selangor Club. Sementara itu aKtifitas berlari ini pada awalnya dilaKuKan sebatas pada petugas kolonial Inggris. “Permainan” ini mirip Kegiatan Paper Chase bangsa Inggris atau yang lebih diKenal dengan “Hare and Hounds”. Game “mengejar Kertas” dimana Hashers (para pelari) menelusuri jejaK Kertas yang sebelumnya sudah dengan sengaja “dicecerkan” di lokasi tertentu. JejaK yang Kadang sengaja dijatuhKan untuK "mengelabui". Sampai seKarang, istilah Hare (orang/pelari yang bertugas membuat jejaK) dan Hounds (pelari yang bertugas untuK mencari/membantu Hare yang tersesat) masih dipaKai.

HHH ini sudah mendunia dan sampai saat ini tercatat memiliKi hampir 2000 club dan diadaKan dalam tingKat regional dan internasional. H3 tingKat internasional yang akan diselenggaraKan beberapa tahun mendatang diadaKan di Kuching (2010), Borobudur (2012 – baru rencana) dan Brussels (2014 – baru rencana). Perlu diKetahui bahwa Kegiatan ini dapat dilaKuKan seKali seminggu atau sebulan seKali tergantung Kesepakatan tiap-tiap loKasi. Yang menariK adalah ada club yang selalu memanfaatKan tanggal tanggal tertentu seperti 29 Februari, Friday the 13th dan pada saat bulan purnama. TertariK? SilahKan cek situs HHH UK. UntuK yang tinggal di London dan sekitarnya silahKan bergabung besoK Sabtu 13 Juni jam 12 siang di Boughton (dekat Faversham).
OK, itulah seKelumit review tentang HHH. Hm ... seperti yang biasa diucapKan oleh Hasher: On On! (Artinya mereKa berada di trail/jejaK yang benar.)

Catatan: Foto dipaKai hanya sebagai ilustrasi dan buKan setting Kejadian sebenarnya. AKan tetapi foto tersebut mengingatKan aKoe pada loKasi "hashing" yang dulu pernah aKoe lalui. aKoe juga pernah menjadi Hare. Sebagai Hare Kita bertugas untuK menentuKan tempat lari, menaburKan jejaK dan juga jebaKan berupa serpihan-serpihan Kertas.

No comments: