Sunday 11 October 2009

Traffic Stats Kompasiana Menjelang HUT Pertama-nya

KoKi Post – Old Gum Tree ≈

Kurang lebih delapan bulan yang lalu (tepatnya tanggal 28/01/2009), mengutip situs Alexa, Pepih Nugraha melaporKan bahwa Kompasiana menduduKi ranKing 90.711 dunia. Menurut Admin Kompasiana itu, eKsistensi suatu situs ditandai dengan masuKnya web tersebut dalam ranKing 1-100.000 dunia dan … dapat menariK pemasang iKlan tentunya.

Sebelas hari Ke depan (22 OKtober) Kompasiana tepat berusia 1 tahun. Menurut Alexa, posisi Kompasiana di dunia saat ini (11 OKtober) melambung pesat dari ranKing 90.711 Ke ranKing 18.966 dan berada di urutan 299 di seluruh Indonesia. (BandingKan dengan posisi terKini KoKi Merah Marun yang jauh dari ranKing “seratus ribu besar”: KoKi menempati ranKing 373.491 dunia. Sementara di Indonesia posisi KoKi adalah ranKing 9.065.)

~ Grafik pageviews 3 bulan teraKhir Kompasiana (biru) yang tampaK jelas dan KoKi (coKlat) yang "tiarap" di atas angKa nol persen (not top 100.000) ~

Dengan semaKin mengecilnya angKa berarti ada peningKatan rating atau ranKing. BuKanKah angKa terKecil (SATU) merupaKan TOP Web? Kenapa Pepih Nugraha berharap Kompasiana bertengger di angKa yang lebih "gemuK" ya? SimaK aja Kutipan beriKut: “Meski masih bertengger di rangking 90 ribuan, cepat atau lambat ranking itu akan naik lagi sampai kemungkinan berada di ranking ribuan atau bahkan ratusan.” **Binun … sutralah**

Apa yang telah dilaKuKan Kompasiana selama setahun ini, KopDar; Blogshop; peluncuran buKu Chappy Hakim; buka puasa bersama dan another booK launcing pada hari H beberapa hari Ke depan; peresmian tampilan The New Kompasiana dll, boleh membuat Kompasiana dan Kompasianer berbangga. FYI, dalam rangKa HUT pertamanya, Kompasiana mengundang Free Of Charge 150 Kompasianer untuK turut merayaKan hari jadi si Burung Besi. Bagaimana KoKiPosters? Dah daftar belon? ~KhiK~KhiiK~KhiiiK~ UntuK lengKapnya silahKan baca Ultah Pertama Kompasiana.
ArtiKel terKait: Kompasiana CJ Alternatif.

4 comments:

Anonymous said...

Sekarang CipunK pindah ke lain hati rupanya ?
Banyak ngelirik mas pepih nih ... tak apa Kok,
yang penting tetap Konsisten dan Kredibel .

La Rose Djayasupena said...

Iye..kumaha iye teuh..ember banget harusnya..makin kecil angkanya makin bagus..makin besar angka berarti makin menurun pembacanya..bukannya begitsu..?

Anonymous said...

maksudnya Sdr Pepih mungkin rankingnya naik menjadi Ranking 1000 atau Rangking 100 dari sekarang yang 18000,karena kalau pasang target jadi Rank 1-10 ...... agak ketinggian !

KoKiPost said...

Anon (12 Oct),
“CiPunK pindah Ke lain hati”? ~KhiK~KhiiK~KhiiiK~ Klo baca Kompas dan DetiK sih wajib. Cuma Klo belaKangan lebih intens ngeliriK mas pepih Karena emang lagi ‘riset’ tentang caranya mengasuh CJ. (maKsudnya utK Keperluan artiKel/postingan di KP.) Jadi harap maKlum, Klo KP jelalatan.

FYI, KoKi Post tidaK pernah menyataKan di publiK bahwa surat Kabar burung Kami ini Konsisten dan Kredibel. But, thanKs for the compliment. Semoga betah plaraK-pliriK CiPunK, feel free to say “Putus” (mang Kapan jadiannya?)

La Rose dan Anon (15 Oct),
ya, maKsudnya Sdr Pepih mungKin begitsu, ranKingnya naiK, masuK 1000 atau bahkan 100 besar. Kalau pasang target masuK dalam 10 (sepuluh) besar “nasional” (bukan DUNIA) rasanya nggaK gitu Ketinggian. Itupun tergantung KAPAN targetnya? 5 tahun? 10 tahun? … dst. Klo pengen idup 1000 tahun lagi … buat aja target yang agaK panjangan tapi yang masuK aKal begitsu. Serius! Dan tentunya disertai Kiat-Kiat gimana meningKatKan ranKing tsb. Salah satunya adalah dengan membaca “trend” dari statistic tsb, Krn datanya fluKtuatif. Hrs ada ahli statistic yg bisa menganalisanya dgn jelas tanpa bias.

Klo KP sih hepi-hepi ajah, ya … masuK dua "besar" di Old Gum Tree udah Kembang-Kemping irungnya. Knp? Krn di OGT cuma ada dua blog ;). Iseng2 Kami ceK di Alexa KoK sites yang linKing in KP KoK ratusan rebu yaK? (saat ini 430.891)

Salam KuKKuK