Sunday 20 December 2009

≈ Mbah MD Pun (Pasti) Menangis, Katedra Rajawen! ≈

≈ KoKi Post – Old Gum Tree ≈

~ Foto miliK KoKi Post yang dipajang di Kompasiana
TANPA menyebut sumber dengan jelas dan tepat ~

Barusan aKoe agaK terKaget-Kaget dan Kecewa, Karena ada yang memasang foto jepretan MbahKoe di Kompasiana! Foto itu dipaKai sebagai ilustrasi puisi Katedra Rajawen yang berjudul Tuhan Pun Menangis, dan “malangnya” hanya menyebutKan “google.com” sebagai sumbernya! Foto “bermasalah” ini adalah foto “air mata” yang pernah diterbitKan oleh MbahKoe di With Love We Remember KoKi tgl 1 Mei 2009, tepat pada hari penutupan (resmi) KoKi Kompas Komuniti.

Foto "Air Mata" asli dari TKP-nya

Sama seperti MbahKoe, sebagai cicitnya, aKoe taK pernah Keberatan apabila ada orang yang memasang/memaKai foto hasil KaryaKoe yang sudah dipubliKasiKan di public domain spt internet TANPA perlu meminta izin baiK tertulis maupun taK tertulis, nyata atau maya, asal disebutKan sumbernya dengan jelas. Hitung hitung sharing, why not?!

~ Screenshot dari Indonesia Kreatif yang memajang foto miliK KoKi Post ~

Beberapa waktu yl aKoe menemuKan foto hasil jepretan Mbah MD di tayang ulang di Indonesia Kreatif, dengan menyebutKan sumbernya adalah KooKKaburra. Foto dengan judul “jalansetapaK.jpg” yang alhamdulilah tidaK diganti oleh the second user of this foto. Foto tsb sebenarnya dan TEPATNYA berada di artiKel So We Gotta Say Goodbye. Tapi aKoe menghargai niat baiK dan usaha dari Indonesia Kreatif untuK mencantumKan blog Mbah MD tsb sbg sumbernya.

~ Foto "jalan setapaK" di loKasi asalnya ~

SingKat cerita, sebagai ahli waris tahta Kerajaan KooKKaburra Enterprise, aKoe nggaK pernah dan nggaK aKan mempermasalahKannya, selama foto tsb tidaK dipaKai untuK tujuan Komersil, mesKipun menurutKoe ... sediKit OOT aja nempel foto tsb sbg ilustrasi “tempat wisata.” (Itu mah urusan redaKsional blog tsb, hehe …)

So please ... pesan Mbah MD: Tolong disebutKan sumber foto dengan jelas. Nyomot di google emang gampang, tapi tolong hargai tuKang foto-nya, mesKipun foto2 miliK KoKi Post nggaK "bagus-bagus" amir. Thank you.

1 comment:

Taolie said...

Maaf sebelumnya bila pemasangan foto ditulisan saya tidak berkenan, semua karena semata ketidak tahuan saya waktu itu. Untuk itu saya sudah menghapus foto tersebut dari blog saya. Terimakasih