Wednesday 2 December 2009

≈ Sumbawa NEWS: Bicara LoKal Mengupas Nasional ≈

≈ KoKi Post – Old Gum Tree ≈

Gara-gara melacaK sesuatu dengan Kata Kunci “monyet ungKapan” aKoe tersesat di Sumbawa NEWS.
My first impression? TERKESAN! Kenapa dan apa saja yang membuatKoe terKesan? SeKurang-Kurangnya ada 4 hal dari Kemasan Koran online ini yang membuatKoe terKesan:

1. Template
Tampilan situs dengan template tiga Kolom ini secara Keseluruhan enaK dilihat. TengoKlah penempatan iKlan yang lumayan reader friendly, dan pemilihan warna dasar dari space untuK iKlan itu. Halaman (pages) Sumbawa News terpampang rapi di bagian paling atas. Tertulis dalam huruf besar, di bagian ini terbaca: HOME, BERITA, SUMBAWA, CITIZEN JOURNALISME, SERBA-SERBI, FORUM, CHATTING, LINK, KAMUS, GALERRY, KONTAK dan OLD VERSION. IMHO, halaman-halaman ini aKan Kelihatan lebih rapi apabila lebar dari penulisan “tag” nya disesuaiKan dengan lebar screen. MaKsudnya aKan lebih sedap dipandang apabila tab OLD VERSION posisinya ada pas di bagian paling ujung Kanan, tanpa menyisaKan ruang. Tapi hal ini taK mengurangi my curiousity. Salah satu halaman yang aKoe KliK adalah OLD VERSION. Apaan tuh? Ternyata linK itu membawaKoe Ke Sumbawa Zadoel. Apa ya … pertimbangan untuK tetap membiarKan arsip tsb di rumah lama? Apa Karena alamatnya beda? Dari [http://sumbawa.tripod.com] Ke [http://www.sumbawanews.com]? Kalaupun arsipnya dipindahKan, buKanKah counter-nya seperti google analytics atau sitemeter dan sejenisnya, taK aKan berfungsi di alamat baru? (Ada yang bisa mencerahKan?)

2. Tagline
Sejarah the New Tagline “Bicara Lokal Mengupas Nasional” yang menggantiKan "The First Online News From Sumbawa” dipaparKan dengan jelas. Quote: Awalnya Sumbawanews hanya fokus pada pemberitaan lokal seputar NTB, Seiring dengan makin pesatnya jumlah pengunjung Sumbawanew dari beragam wilayah dan profesi maka sumbawanews mengubah konsep dari pemberitaan lokal menjadi lebih luas dengan jangkauan nasional. Perubahan ini juga diikuti dengan perubahan motto dari "The first online news from sumbawa" menjadi "Bicara lokal mengupas nasional".
Selain berfungsi untuK menunjuKKan jati diri "Sumbawa" yang sudah "go nasional" dan sudah meluas jangKauannya, tagline yang baru ini juga meneKanKan KOMITMEN "Sumbawa" untuK mengupas masalah-masalah nasional, taK seKedar mengupas masalah daerah. Bagaimana dengan penempatan tagline baru itu? Hmmm … tagline-nya tampaK duduK manis dan anggun di pojoK Kanan bawah, taK jauh dari logo. (BandingKan dengan posisi tagline Kompasiana.)

3. Logo
Begitu membuKa situs Sumbawa News, aKoe terKesima dengan logonya. It's catching my eyes. Belum pernah aKoe menjumpai logo dengan dasar hitam yang biasanya "jelek" tapi mampu berefeK menyihir yang menyenangKan buatKoe. Ya … dasar hitam itu justru membuat brand Sumbawa NEWS.com sangat dominan dan menonjol. Warna-warna Kontras dari hitam seperti putih (untuK “umbawa”, merah (untuK “NEWS”) dan biru (untuK huruf “S”), disertai huruf “S” hijau lumut di atas dasar biru dalam lingKaran biru tua dan putih. Sementara itu, “dot” atau titiK nya merupaKan “miniature” dari lingKaran S tadi, hanya saja, pewarnaan “S” terlihat putih, buKan hijau lumut. Hal ini mungKin Karena uKuran lingKaran yang jauh lebih Kecil atau mungKin ada unsur Kesengajaan untuK tidaK menonjolKan hurup “S” tsb, tapi cuKup memberiKan identitas “Sumbawa” yang Kental. Selain pemilihan font color yang serba Kontras (**jadi inget KoKo Romo Flores**), pemilihan font size juga sepertinya dipiKirKan dengan matang. Tentunya semaKin besar uKurannya, semaKin penting atau semaKin ditonjolKanlah huruf atau kata tersebut. Font yang dipaKai buKanlah huruf yang “indah dan berleKuk-leKuk”, tapi huruf yang tegas seKaligus rapi jali. Tegas dalam arti taK ada bagian dari huruf itu yang tertutup oleh “hiasan-hiasan” yang nggaK jelas. Kesegaran dari logo ini juga terlihat dengan adanya refleKsi dari bola huruf “S”. IMHO, mungKin aKan terKesan lebih segar lagi apabila tulisan “SumbawaNews.com” ada bayangannya juga. Logo yang ditempatKan dibagian “head lines” ini dimunculKan secara “scrolling” yang "aman" buKan “blinKing” ala slideshow yang mungKin dapat mengganggu penglihatan bagi orang-orang tertentu. Perlu dicatat bahwa email resmi redaKsi dicantumKan di ujung Kanan logo. Email yang beralamatKan Sumbawanews dot com sungguh menambah Ke-profesional-an Koran online ini.

4. Profile
Seperti KebiasaanKoe yang suKa mencari tau “apa dan siapa” nya suatu situs, aKoepun berusaha untuK mempelajari Sumbawa News ini. MesKipun agaK sulit untuK menemuKan “tab” yang KoemaKsud, aKhirnya aKoe menemuKannya di sub-bagian “KONTAK” dengan tag ABOUT US. Di dalamnya aKoe menemuKan “Profile SumbawaNEWS.com” dimana aKoe bisa menemuKan profile dan siapa saja yang duduK dalam “Redaksi SumbawaNews.com”, dari pendiri, pemimpin, redaKtur, IT Manager serta Administrasi nya. FYI, "tim IT" Sumbawa News diduKung oleh Smart Intermedia - Professional Web Developer (**professional boo!**) Selain itu, Sumbawa News juga "diKawal" oleh beberapa wartawan yang ditempatKan di propinsi itu. Di bagian ini juga dibubuhKan nama dan loKasi Kontributor, serta alamat lengKap redaKsi.

Anggur Lama Botol Baru?
Setelah membaca sejarahnya, aKoe baru tau kalo Sumbawa News ini adalah reinKarnasi dari http://sumbawa.tripod.com yang sepertinya sudah (sengaja?) RIP, dan suatu milis berbasis propinsi Sumbawa. Lain Sumbawa, lain pulaK Makasar. Kelahiran Panyingkul! yang secara bersamaan juga membidani serta mengelola milis, adalah murni untuK membangun CJ. Berbeda dengan Sumbawa yang "membesar" dari situs "kecil" plus milis, KoKi lahir "aKibat" artiKel "eseK-eseK", dan sudah bereinKarnasi dan pindah rumah berKali-Kali, serta sudah beranaK-pinaK (untuK menghindari Kata "pecah") menjadi rumah-rumah CJ dan milis-milis dengan visi dan misi tersendiri. Sementara KoKi sendiri, sebagai induK, sepertinya masih bingung arahnya Kemana, mesKipun masih mempertahanKan tagline yang Konon (masih)... nendang?

Bicara reinKarnasi CJ, ibarat mengupas seluK-beluK anggur, dimana GRAPES berubah wujud jadi WINES. Sebagai pohon anggur yang sudah memproduKsi anggur dengan berbagai mereK, buah dan KeniKmatan setiap teguKan anggur KoKi sepertinya sudah semaKin berKurang. Perlu bibit baru atau penanaman Kembali. MereKnya sih tetap sama, cuma ... botolnya aja yang gonta-ganti mulu. Sumbawa News BUKAN lah anggur oplosan. MesKipun Sumbawa merupaKan "newspaper" yang memiliKi Konten berbau CJ, menurutKoe, Sumbawa News adalah “YOUNG WINE” yang sudah “MATURE” pada waKtunya. Kalaulah Koran maia berbasis "daerah" ini bisa memperoleh iKlan yang menurutKoe relatif banyaK, ANGGUR ini patut diacungi jempol. (PanyingKul! yang masih di urutan "satu jutaan" saja ada iKlannya.)
Congrats Sumbawa! Mari bersulang! Cheers!

FYI: Menurut Alexa, saat ini ranking dunia dan Indonesia ketiga situs tsb di atas adalah sbb: Di dunia, urutannya adalah Sumbawa News 168.888, KoKi 356.522 dan Panyingkul! 1.047.523. Di Indonesia posisi Sumbawa News 2.548, KoKi 8.674 dan Panyingkul 36.153. Melihat "usia" dari ketiganya yang seumuran, yang sama-sama buKan berbasis blog, dan dengan mengenyampingKan "Kadar" atau Konten CJ atau "news" dari ketiga situs tsb, UNTUK SEMENTARA, bisa diKetahui mana cicaK, Kadal ataupun buaya nya.

No comments: