Monday 14 December 2009

≈ Politikana: Web 2.0 Untuk Belajar Demokrasi ≈

≈ KoKi Post – Old Gum Tree ≈

KetiKa menguping disKusi di satu media online, aKoe
Kesandung sebaris linK dan Kepleset di Politikana.com. MesKipun aKoe taK menyuKai politiK, rasa ingin tau mendorongKoe untuK berselancar sejenaK. Politikana resmi diluncurKan dari Gedung Teater Komunitas Salihara, JaKarta Selatan tepat pada tanggal 27 April yang lalu. Seperti layaKnya suatu hajatan, pesta-pora Kelahiran Politikana dimeriahKan dengan acara hiburan dan dihadiri oleh undangan antara lain Goenawan Muhamad yang memberiKan pidato.

Kenapa GM? TaK heran, Karena, mesKipun alamat situs ini tidaK mengandung Kata TEMPO, ternyata Politikana adalah MITRA dari PT Tempo Inti Media Tbk, atau dibahasaKan dengan “In partnership with TEMPO.

Situs ini telah memproKlamirKan bahwa “Politikana adalah situs politik Web 2.0 yang pertama dan satu-satunya di Indonesia.” MesKipun Konten situs ini “berat bin serius” ada lahan untuK ber-OOT (Out Of Topic). Politikana bersifat UGC (User Generated Content) dimana pengguna dapat langsung menerbitKan tulisannya. Selain itu, situs ini menganut UMC (User Moderated Content) dimana pengguna dapat memoderasi sendiri Konten dari blog mereKa.

Siapa sih dibaliK Politikana? Adalah Enda Nasution yang duduK sebagai “Publisher”. Sebagai inisiator, publisher yang punya juluKan Presiden Blogger Indonesia ini “ditemani” Yusro M. Santoso dan Antyo Rentjoko selaKu “Editor” atau “pemangKu Konten.”

KetiKa mengintip halaman KETENTUAN, aKoe sangat terpesona dan terpana Kagum. Disitu tercantum butir-butir Ketentuan bagi pengguna yang mau nge-blog di Politikana. Satu poin berjudul “KepemiliKan Informasi” menjabarKan bagaimana pengelola, dalam hal ini PolitiKana, sangat menghargai haK cipta, haK tayang dan haK miliK dari pengguna Politikana. SelengKapnya bacalah Kutipan beriKut:

"Kepemilikan Informasi. Pengelola tidak akan mengklaim kepemilikan Informasi yang dikirim, diunggah atau ditampilkan pada situs "POLITIKANA". Namun, Anggota, yang merupakan pemilik atau pemegang hak atas Informasi, setuju untuk memberikan hak kepada Pengelola, yang bebas royalti dan tanpa batas wilayah (worldwide), untuk menampilkan, memodifikasi, atau memperbanyak Informasi pada situs "POLITIKANA" untuk kepentingan promosi situs "POLITIKANA". Hak yang diberikan kepada Pengelola tersebut akan berakhir apabila keanggotaan Anggota pada layanan situs "POLITIKANA" berakhir."

Catatan PendeK: Kalimat teraKhir sengaja KoecetaK tebal.

No comments: